Jumat, 25 Maret 2011

Digoda (Dicobai)


 Saudara, ketika Tuhan ingin membawa bangsa Israel keluar dari tanah Mesir, Iblis melalui Firaun berusaha dengan tiga cara agar Musa dan Harun berkompromi dengan tetap tinggal di Mesir.
Pertama, mereka digoda untuk berkompromi total (Kel. 8:25). Firaun menawarkan kompromi bahwa orang Israel diperbolehkan untuk menyembah Tuhan Allah mereka di Mesir. Usul ini tampak baik dan lebih mudah. Namun, jika orang Israel terus tinggal di Mesir, berarti Musa dan Harun tidak taat pada perintah Allah. Jika tidak pergi, mereka akan tetapmenjadi budak orang Mesir dan penyembahan mereka hanya akan menjadi agama yang lain di Mesir. Mereka menolak godaan untuk berkompromi itu dan lebih taat kepada Allah.
Kedua, mereka digoda dengan memberi tawaran yang lebih enak dan berkompromi sebagian (Kel. 8:28; 10:8-11). Firaun mengoda Musa dan Harun agar berkompromi sebagaian dengan permohonan mereka pergi ke padang gurun. Mereka boleh pergi menyembah Allah asal “tidak boleh pergi terlalu jauh”. Firaun juga menggoda dengan mengizinkan sebagian Israel pergi, tetapi “perempuan dan anak-anak harus tinggal di Mesir”. Jikalah tawaran tersebut diteriman, berarti orang Israel hanya taat pada sebagian perintah Allah. Ketaatan yang setengah-setengah tidaklah berkenan kepada Allah. Allah menuntut ketaatan mutlak/total/penuh dari anak-anakNya.
Ketiga, mereka digoda untuk tidak melayani (Kel. 10:24). Ketika Iblis, melalui Firaun, gagal menggoda Musa dan Harun untuk berkompromi, dia berusaha mencobai orang Israel agar mereka setuju untuk pergi tanpa melayani Tuhan Allah dengan benar—pergi tanpa persembahan korban, pergi tanpa kambing domba. Padahal, kambing domba dan ternak untuk adalah persembahan korban mereka kepada Allah sebagai bukti pelayanan mereka kepada Allah. Musa dan Harun menolak untuk kompromi dengan Firaun/Iblis. Mereka taat sepenuhnya perintah Allah dan bertekad untuk melayani Tuhan Allah secara total/penuh.
Karena itu Saudara, ingatlah bahwa Iblis terus bekerja untuk menggoda kita. Iblis ingin kita jatuh. Dan kompromi sekecil apapun dengan rencana Iblis, kompromi sekecil apapun dengan cara-cara dunia akan membuat kita jatuh. Lawan dan tinggalkan keinginan-keinginan Iblis untuk menjatuhkan kita (1Yoh. 2:15-16). Tetaplah taat secara mutlak pada perintah Allah dan milikilah komitmen untuk tetap melayani Tuhan apapun yang terjadi pada diri Anda, keluarga Anda, lingkungan Anda, dsb. Tuhan Yesus memberkati.—allofgrace—

Tidak ada komentar:

Posting Komentar