Jumat, 18 Maret 2011

APAKAH ANDA BEJANA YANG SIAP?


Jika Anda menggambarkan diri Anda sebagai bejana, bejana apakah  itu? Mengapa?
  • Vas
  • Mangkuk
  • Cangkir
  • Kendi
  • Gelas
  • Kaleng
  • Guci
  • Ceret
  • Wajan
  • Teko
  • Panci
Bejana dapat ditemukan di dapur. Ada yang baru, ada yang masih bisa digunakan. Beberapa ada yang sedikit kusam dan penyok, sementara yang lain hanyalah untuk pajangan. Ada yang sudah menghitam karena kompor, sementara yang lain dipoles hingga mengkilap. Ada bejana yang dipakai untuk keperluan sehari-hari, ada juga yang dikeluarkan hanya jika ada tamu. Ada yang dipakai untuk mempersiapkan sesuatu dan ada yang dipakai untuk melayani. Namun semua berguna ... Bejana-bejana itu berbeda-beda untuk tujuan yang berbeda pula.

Bacalah 2 Tim. 2:20-22
·         Bahan apakah yang dipakai untuk membuat bejana? Gambaran apakah yang diwakilinya? Untuk tujuan apakah?
·         Mengapa wadah yang kudus itu penting?
·         Bagaimana bersih dan kudus itu berhubungan satu sama lain?
·         Bagaimana kita membuat diri kita berguna bagi Tuhan?
·         Bagaimana kondisi yang mempersiapkan kita untuk SETIAP pekerjaan baik?
·         Bagaimana ayat 22 berhubungan dengan persiapan itu? 

Siapkan diri Anda menjadi bejanan yang akan digunakan oleh Allah. Jangan menunggu ... Jangan hanya diam terpajang di rak.

Seorang setan muda akan diutus ke bumi pada misi pertamanya. Misinya adalah untuk menumpulkan efektivitas orang percaya. Saat membahas strategi dengan Iblis, ia berkata, "Aku Tahu ... aku akan mencoba untuk meyakinkan orang Kristen bahwa dosa itu tidak ada sehingga mereka tidak akan memiliki alasan untuk memberitakan Injil." Iblis menjawab, “Itu mungkin akan berhasil pada beberapa orang Kristen, tapi tidak banyak. Bahkan mereka yang masih kuperbudak saja tetap memiliki pandangan bahwa dosa itu memang merusak." Lanjut setan muda itu, "Aku akan meyakinkan mereka bahwa neraka itu tidak ada."  Pemikiran bagus!" jawab Iblis." "Kenyataan bahwa teman-teman mereka dan anggota keluarga mereka akan menderita hukuman kekal adalah motivasi besar bagi orang Kristen untuk bersaksi.” Setan muda itu berhenti berpikir sejenak, kemudian wajah gembira disertai senyum jahat menghiasi wajahnya. "Aku tahu! Aku akan meyakinkan orang Kristen bahwa mereka tidak perlu terburu-buru. Mereka dapat menjaga doktrin-doktrin dosa dan neraka mereka, saya hanya akan meyakinkan mereka bahwa mereka tidak perlu berpikir tentang hal itu sekarang. Tentu saja, mereka boleh bersaksi, tetapi taka pa-apa jika dilakukan minggu depan ... mungkin saja, minggu depan tidak akan pernah datang!" ”Engkau punya strategi yang baik," jawab Iblis. "Banyak yang akan pergi ke neraka bersama kita hanya karena teman-teman Kristen mereka berencana untuk bersaksi dengan mereka  … besok. "
Kisah ini hanyalah kisah imajinasi yang menggambarkan betapa kita mungkin sering hanya menjadi bejana kosong yang tidak berguna. Kita sama sekali tidak bisa menjadi saksi yang baik hanya karena penundaan … baik menunda kata-kata maupun menunda perbuatan baik kita pada sesama.  

Berdoalah agar Allah memberikan keinginan untuk membuat hidup Anda selalu siap sebagai bejana yang akan digunakan oleh-Nya setiap hari, tanpa penundaan, bahwa Anda mungkin akan berguna bagi Dia!
"Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami" —2 Korintus 4:7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar