Jumat, 17 Juni 2011

Haruskah Saya Memisahkan Diri dari Sesama Baptis Independen yang Lain?


Knowing Where to Draw Circles of Separation
Senior Pastor of Valley Forge Baptist Temple
Diterjemahkan oleh All of Grace

Juni 2011 menandai ulang tahun ketiga puluh saya dalam pelayanan sepenuh waktu. Saya diselamatkan dalam sebuah gereja Baptis independen. Selama tiga dekade terakhir, saya melihat banyak hal yang tidak seharusnya. Kita harus mengajukan pertanyaan, "Apakah saya harus memisahkan diri dari sesama Baptis independen?" Kita semua harus berdasarkan Alkitab sehingga kita tidak akan "diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran" (Efesus 4:14). Namun, saya telah menemukan bahwa saya bisa belajar dari orang lain yang tidak Baptis independen. 

Dapatkah Saya Mendapatkan Kebijaksanaan dari Non-Independen Baptis
Jawabannya jelas "Ya!" Bahkan Rasul Paulus, menjelang kematiannya, meminta Timotius untuk membawa dia "gulungan kitab ... dan buku-buku." Paulus ingin membaca buku, sementara ia duduk menanti kematian di penjara Mamertine. Apa jenis buku yang Paulus baca? Paulus sangat menyukai penyair Yunani. Tulisan Aratus, seorang penyair Yunani dari Kilikia, dikutip Paulus dalam Kisah Para Rasul 17:28, " Sebab kita ini dari keturunan Allah juga." Saat menulis kepada Titus, Paulus sekali lagi mengutip seorang penyair dari Kreta yang belum selamat bernama Epimenides (Titus 1:12). Sebuah kalimat dari penyair kafir menjadi bagian Kitab Suci! Bayangkan itu!

Di Manakah Saya Memberikan Batasan tentang Pemisahan Saya
Buku—Berdasarkan Kitab Suci, saya membatasi lingkaran pemisahan pribadi saya tentang buku seperti Rasul Paulus. Saya akan membaca buku-buku karya penulis yang sudah selamat dan belum diselamatkan (meskipun saya pribadi lebih suka yang selamat). Jika saya dapat mengambil satu kebenaran untuk membantu saya menjadi seorang Kristen, ayah, suami, atau gembala yang lebih baik, maka buku itu layak saya baca!
Seminar—Saya TIDAK akan menghadiri seminar oleh semua penulis di rak buku saya. Namun, saya telah mendapat beberapa saran baik dan saleh dari pelatihan diaken dari luar lingkaran independen Baptis kita. (Saya telah menggunakan video pelatihan diakon oleh Jim Henry dari Southern Baptist untuk membantu diaken kami.) Saya senang bahwa Dr. Chappell sekarang memiliki buku berjudul The Ministry of a Baptist Deacon. Saya baru-baru memberikan buku ini untuk semua diaken kami.
Misionaris dan Persekutuan—batasan itu pasti akan semakin ketat di sini! Saya tidak bisa menjadi Gereja Perjanjian Baru kecuali saya menjangkau Yerusalem, Yudea, Samaria, dan ujung bumi (semua pada waktu yang sama). Apakah kita harus memberikan kuesioner setebal 13 halaman kepada setiap misionaris sebelum mendukungnya? Tidak! Marilah kita mendukung orang yang beriman sama, tetapi tidak memerlukan kesepakatan 100% dengan setiap rinciannya. Saya berterima kasih kepada Tuhan bahwa keluarga gereja kami berkomitmen untuk mendukung misionaris Baptis independen—bahkan yang tidak persis seperti saya.
Persahabatan Karib—" Berjalankah dua orang bersama-sama, jika mereka belum berjanji?" (Amos 3:3). Sahabat terdekat kita dalam pelayanan dan kehidupan cenderung adalah orang yang memiliki kompatibilitas tinggi dalam doktrin dan gaya hidup. Namun, bahkan teman dekat saya mungkin akan membaca sesuatu yang tidak saya setujui. Mereka bahkan mungkin menghadiri seminar yang saya tidak mungkin pergi ke sana. Namun jika berhubungan dengan kebenaran, mereka akan mengatakan hal yang sama tentang saya! 

Haruskah Saya Terpisah dari Gaya Musik yang Berbeda
Di sini air sedikit berlumpur, bukan? Jika seorang gembala membubarkan paduan suara dan menggantikannya dengan drum dan gitar listrik yang memekakkan telinga, saya tidak akan berdiri dengannya bahu-membahu! Saya akan memisahkan. Namun, setelah tinggal di berbagai negara, saya menemukan bahwa beberapa orang berbahasa Inggris dengan cara yang berbeda. Beberapa orang hanya akan berbicara dan menyanyi sedikit berbeda! Jika suara mereka berbeda bagi saya, maka ... mungkin suara saya juga berbeda bagi mereka.
Jika gereja atau perguruan tinggi memiliki gaya musik atau selera yang sedikit berbeda, saya menemukan bahwa tidak alasan untuk melakukan pemisahan alkitabiah. Firman Tuhan mengatakan apa-apa tentang notasi musik atau sinkopasi ringan. Alkitab banyak mengatakan untuk, " berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera" (Efesus 4:3) dan kebencian-Nya yang kudus tentang menabur benih "pertengkaran saudara" (Amsal 6:19). Saya tidak perlu tunduk pada seorang "ahli musik" untuk menentukan musik yang dipenuhi Roh Kudus untuk keluarga gereja saya. Sebagai gembala, saya telah diberi Firman Allah dan Roh Allah untuk memimpin kawanan domba Allah dalam kebaktian kami. 

Pohon Keluarga Rohani Kami
Jika Anda menengok ke belakang cukup jauh, kita semua memiliki "keriput" dalam pohon keluarga. Tuhan memberikan anggota dalam keluarga kita! Hanya ada satu anggota keluarga yang kita bisa pilih—pasangan kita. Yang lain-lain diberikan oleh Allah (tanpa kita bisa memilih)—orangtua kita, saudara kita, anak-anak kita, dan keluarga besar. Saat Thanksgiving, pernikahan, dan pemakaman tiba, kita akan melihat saudara-saudara kita—bahkan mungkin yang tidak kita sukai.
Kita menjadi sopan dan baik karena kita ingin menjadi orang Kristen yang dipenuhi Roh Kudus. Bagaimana tentang pohon keluarga rohani Baptis independen kita? Tidak seharusnyakah kita memiliki kasih lebih bagi rekan Baptis independen yang hanya dapat kita lihat dua atau tiga kali setahun pada pertemuan persekutuan Baptis nasional atau konferensi pelatihan kepemimpinan?
Mari saya beri dua pemikiran yang telah membantu saya mengenai ini:
  1. Saya berjumpa Dr. John Halsey dari BIMI, dan ia berkata kepada saya, "Gembala, jika saya adalah Allah, saya tidak akan menggunakan setengah dari orang-orang yang Allah telah gunakan. Jika saya adalah Allah, saya tidak akan menggunakan John Halsey" Lalu ia berhenti dan berkata," Saya sangat senang saya bukan Tuhan, hanya salah satu dari hamba-Nya."
  2. Dalam Yohanes 21 Petrus bertanya kepada Tuhan, "Tuhan, apakah yang akan terjadi dengan dia [Yohanes] ini?" Petrus berpikir keras, "Aku akan mati sebagai martir. Bagaimana dengan Yohanes?" Jawab Tuhan, ""Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku" (Yohanes 21:22). Tuhan mengatakan kepada Petrus (dan kita), "Arahkan pandanganmu kepada-Ku! Jalankan pertandingan yang Aku berikan dan jangan khawatir tentang pertandingan Yohanes!"
Jika Allah memilih untuk menggunakan orang dengan selera musik atau gaya yang sedikit berbeda dari Anda, apa itu penting bagi Anda? Anda hanya perlu mengikuti Tuhan! Tuhan tahu bagaimana untuk menegur hamba-Nya dalam kehidupan ini dan juga bagaimana untuk menghargai mereka secara tepat dalam kekekalan. Mari biarkan Tuhan menjadi Tuhan. 

Apakah Kita Sempurna sebagai Sebuah Gerakan
Tidak! Tapi setelah 30 tahun penuh waktu pelayanan, saya lebih yakin daripada sebelumnya bahwa gereja Baptis independen adalah gereja yang paling mendekati gereja Perjanjian Baru di bumi hari ini. Ada seorang gembala muda yang pindah ke kota London dan menjadi sangat populer. Gembala tua mengalami semua jenis emosi—marah, cemburu. Kemudian suatu hari, ia memutuskan untuk berdoa bagi gembala muda itu. Karena dia berdoa dengan sungguh-sungguh untuk pria muda itu, ia merasa akan masuk ke dalam sukacita dan pahala kekal dari setiap jiwa yang diselamatkan melalui pelayanan Spurgeon Charles muda.
Marilah kita mulai berdoa untuk saudara-saudara independen Baptis kita, bukan memisahkan dari mereka! Kiranya Tuhan memberkati Anda sekarang dan memberi Anda upah kelak untuk keputusan yang bijaksana itu!

--allofgrace--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar