Senin, 02 Mei 2011

Pemuridan dan Mentoring


 
Harvey Firestone pernah berkata, “Hanya dengan mengembangkan orang lain secara terus-menerus, kita bisa benar-benar berhasil.” Hal itu benar di semua bidang, tetapi juga benar dalam jemaat. Paulus menekankan pentingnya pemuridan dan mentoring dalan 2 Timotius 2:2, “Apa yang telah engkau dengar dari padaku di depan banyak saksi, percayakanlah itu kepada orang-orang yang dapat dipercayai, yang juga cakap mengajar orang lain.”
Saat seorang Kristen yang dewasa menolong orang Kristen muda melalui hubungan pemuridan, orang Kristen muda itu akan memiliki kesempatan untuk mengamati dengan sesungguhnya bagaimana hidup Kristen itu berfungsi dengan baik. Berikut ini adalah lima alasan apa yang hati orang Kristen muda dapat capai melalui pemuridan:
  1. Mengenal sukacita hidup yang berkomitmen dengan Yesus
  2. Melihat bahwa hidup Kristen yang sesungguhnya berbeda dengan budaya para penyembah berhala di sekitar kita
  3. Menyadari bahwa integritas harus dimulai dalam hidup pribadi kita dengan Allah
  4. Mengetahui bahwa para sahabat Kristen yang lain mendoakan mereka, dan siap sesia menolong mereka.
  5. Percaya bahwa Allah sanggup melakukan hal-hal besar melalui orang yang berserah penuh
Sungguh merupakan hak istimewa untuk menyampaikan kebenaran kepada orang Kristen baru—kebenaran yang telah aku terima dari orang yang telah mengajarku. Dan sungguh menyenangkan melihat mereka bertumbuh dalam Tuhan dan pada akhirnya dan gilirannya mengajar para petobat baru yang lain! Sungguhlah menyedihkan gembala yang memuridkan seorang diri karena ia tidak tahu seberapa dewasa para muridnya. Betapa menyedihkannya gembala yang tidak memiliki pemurid sebanyak anggota jemaatnya! Pemuridan adalah proses berkelanjutan secara terus-menerus, tanpa henti!

-allofgrace-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar