Rabu, 13 April 2011

Menempatkan Kristus di Tempat Terakhir (Luk. 9:59, 61)




Banyak orang Kristen sengaja atau pun tidak sengaja menempatkan Tuhan Yesus di tempat yang terakhir dalam prioritas hidup mereka. Ini perlu kita perhatikan karena Yesus Kristus adalah Tuhan dan Dia layak untuk mendapatkan tempat terutama, waktu terbaik, talenta terindah, tenaga terbaik, dan segala sesuatu yang terbaik dari diri kita.
Kristus berkata, “Ikutlah Aku!” Tampaknya orang itu ingin ikut, tetapi dia ingin menguburkan ayahnya lebih dahulu. Orang lain berkata, “Aku akan ikut Engkau, Tuhan.” Secara sukarela dia ikut, tetapi dia ingin pamitan dahulu dengan keluarganya.
Dari kisah ini, kita dapat belajar: Pertama anggota jemaat mungkin sering kali menempatkan Yesus Kristus di tempat terakhir. Kapan kita melakukannya? Saat kita berkata, “Saya akan melakukan ini lebih dahulu bagi keluarga saya, barui kemudian buat Gereja”; “Saya akan bayar kredit mobil dahulu, baru bayar persepuluhan”; “Saya akan bayar utang dahulu, baru saya akan bantu mereka”; “Jika saya punya lebih banyak waktu, saya akan lebih banyak berdoa”; “Saya ingin ke gereja tapi masih banyak kerjaan”; saat itulah kita menempatkan Kristus di tempat terakhir. Kedua, orang berdosa juga menempatkan Kristus di tempat terakhir. Kapan mereka melakukannya? Saat berkata, “Saya masih muda dan masih punya banyak waktu; “Saya masih ingin hidup dalam dosa sedikit lebih lama”; “Saya mau cari uang banyak dahulu, sebelum mulai”; “Saya takut akan kata teman atau keluarga.”
Orang-orang yang tidak menempatkan Tuhan Yesus di tempat yang terutama tidal layak bagi Kerajaan Allah (Luk. 9:62). Apakah yang Anda harapkan saat Anda mengutamakan hal lain selain Tuhan saat anda berada di hadapan pengadilanNya? Dia juga akan menempatkan Anda di tempat yang paling belakang. Allah adalah Allah yang cembur (Kel. 20:5). Dia menghendaki tempat dan perhatian yang utama dan terutama dalam hidup kita.
Apakah Anda mengasihi Tuhan? Seberapa besar Anda mengasihi Tuhan? Yang paling Anda kasihi pastilah akan Anda utamakan. Utamakanlah Tuhan Yesus di atas segala sesuatu (Mat. 6:33). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar